Masih ingatkah Brur and Zus dengan Trainspotting, film hasil adaptasi dari novel karya Irvine Welsh, yang diangkat ke layar lebar oleh Danny Boyle?

Film ini mengisahkan tentang sekumpulan remaja yang tinggal bersama di flat kumuh di daerah Scotland, dan mengalami ketergantungan terhadap obat-obatan terlarang.

Ewan McGregor memerankan Mark Renton, salah satu pecandu berat dari kumpulan ini, yang mengalami beberapa kali halusinasi dan overdosis. Demi memenuhi kebutuhannya terhadap obat-obatan terlarang tersebut, Renton menjual barang-barang di rumahnya, dari mulai televisi hingga barang-barang milik orang tuanya. Selain Renton, pecandu berat lainnya adalah Sick Boy dan Spud. Sick Boy adalah sosok yang paling necis, classy, dan selalu memakai setelan jas. Sedangkan Spud digambarkan sebagai sosok yang paling ceria, namun terkesan agak bodoh, dan ceroboh.

Karakter lain dalam film ini adalah Begbie, sosok yang tidak terlalu sering menggunakan narkoba, hanya peminum berat, namun memiliki masalah dengan amarah. Selain membuat onar di setiap bar yang didatanginya, Begbie juga sering melakukan aksi vandalisme. Ada juga karakter Tommy, sosok yang paling jujur di dalam kumpulan tersebut. Dia tidak pernah menggunakan narkoba, tidak pernah berbohong, dan tidak pernah menghianati teman-temannya.

Bagian menarik dalam film ini adalah ketika Renton mengalami berbagai macam halusinasi, misalnya ketika dia mencoba meraih happy pill yang jatuh ke dalam toilet (the worst toilet in Scotland), Renton membayangkan dirinya berenang-renang di dalam septic tank. Halusinasi lainnya adalah ketika dia mengalami sakau berat, dia membayangkan sosok bayi yang merangkak di plafon kamar. Akting Ewan McGregor dalam film ini memang layak diacungi jempol, doi sangat mendalami karakter junkie yang diperankan.

Selain jalan ceritanya yang menarik dan akting Ewan McGregor yang mengesankan, Trainspotting memberikan pesan moral bagi para remaja untuk menjauhkan diri dari segala macam obat-obatan terlarang. Selain itu, film ini juga menggambarkan tentang persahabatan, cinta, kehilangan dan kesedihan.
Film ini juga menginspirasi para remaja pada era tersebut, dari gaya pakaian  hingga selera musik. Soundtrack Trainspotting laris di pasaran, mengingat yang mengisi soundtrack adalah musisi-musisi besar seperti Pulp, Blur, Elastica, dan Underworld. Bahkan lagu hit dari Underworld yang berjudul “Born Slippy” juga kerap dimainkan di berbagai club pada pertengahan tahun ’90-an.

Check this film out, Brur and Zus!

Comments

comments