Brur & Suz, rasanya hampir semua anak dan remaja yang tumbuh di era 70an, 80an dan 90an pernah nonton film musikal klasik The Sound of Music. Siapa yang tak kenal dengan lagu-lagu hits dari The Sound of Music seperti Do Re Mi, Edelweiss, So Long, Farewell..? Film musikal ini dipenuhi lagu-lagu keren dan pemandangan alam yang sangat indah, tak heran jika film The Sound of Music begitu melekat di memori jutaan penontonnya.

P1100613

Film produksi 20th Century Fox yang dirilis pada bulan Maret 1965 ini mengisahkan tentang keluarga Captain Georg von Trapp, seorang perwira angkatan laut dari kekaisaran Austro-Hungarian. Film The Sound of Music diangkat dari kisah nyata dan mengambil setting di tahun 1938, meskipun peristiwa sebetulnya terjadi di sekitar tahun 1926-1927. Dikisahkan, Kapten von Trapp kerepotan mengurus ketujuh anaknya setelah istrinya meninggal, sehingga dia mempekerjakan seorang governess (pengasuh anak) bernama Maria. Anak-anak von Trapp yang semula tidak suka pada Maria perlahan jatuh hati, terlebih setelah Maria banyak mengajarkan mereka menyanyi dan menari. Kapten von Trapp yang semula bertunangan dengan Baroness Elsa pun akhirnya jatuh cinta pada Maria dan menikah dengannya.

Pembuatan film The Sound of Music sebagian besar mengambil lokasi di Salzburg, Austria dan Bavaria, Jerman, terutama untuk adegan di luar ruangan, sedangkan adegan dalam ruangan menggunakan studio milik 20th Century Fox di Hollywood. Pemandangan alam Salzburg dan Bavaria yang sangat indah menjadi salah satu kekuatan film ini. Popularitas film The Sound of Music yang tidak pernah surut membuat banyak orang penasaran untuk mengunjungi lokasi-lokasi shooting film ini dan melihatnya dengan mata kepala sendiri. Minat wisatawan inipun ditangkap oleh beberapa pengusaha di Salzburg, yang kemudian membuat paket tour The Sound of Music. Sayangnya, paket wisata  dari operator tour The Sound of Music ini hanya mengunjungi lokasi-lokasi di Salzburg saja, tidak mengunjungi lokasi pegunungan di Bavaria, yang menjadi lokasi adegan pembuka film, poster film serta sebagian adegan pada lagu Do Re Mi.

car

Buat Brur & Zus yang tertarik mengunjungi lokasi-lokasi shooting The Sound of Music secara independen, saya ingin berbagi pengalaman saat saya dan keluarga kesana tahun 2014 lalu. Kelebihannya kalau kita jalan sendiri, lebih fleksibel waktunya, bisa berlama-lama di satu tempat yang kita sukai, bisa mengunjungi tempat lain yang tidak dikunjungi paket tour dan lebih murah biayanya di banding beli paket tour 😀

Tahun 2015 ini film The Sound of Music genap berusia 50 tahun, kabarnya akan banyak festival dan perayaan di seputar Salzburg berkenaan dengan golden anniversary The Sound of Music. Yuk kita siap-siap kesana..  🙂

 

How To Get There

00 Salzburg

Salzburg merupakan kota di lembah antara pegunungan Alpen. Berada di ketinggian sekitar 450 meter diatas permukaan laut, kota ini sangat sejuk meskipun di musim panas. Kota ini berada di bagian barat Austria, sekitar 300 Km dari ibukota Austria, Vienna. Jika naik mobil dari Vienna, kita akan melalui Highway A1 dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Highway di Austria tidak menggunakan system toll, tapi memerlukan Vignette, semacam stiker untuk melalui highway. Vignette untuk 10 hari harganya 12 euro. Kalau naik kereta, Salzburg bisa ditempuh dalam 2 jam dari Vienna, juga ada rute kereta dari beberapa kota di negara tetangga seperti Munich, Zurich ataupun Milan. Kalau mau ke Salzburg naik pesawat juga bisa, Salzburg memiliki bandara internasional, W.A Mozart airport. Pemegang paspor Indonesia memerlukan visa Schengen untuk mengunjungi Austria.

 

What To See

Saat saya ke Salzburg, Tujuan pertama adalah Mirabell Gardens. Taman ini merupakan halaman dari Mirabell Palace, yang dulunya merupakan istana Pangeran Wolf Dietrich, namun sekarang digunakan sebagai kantor walikota Salzburg. Taman Mirabell merupakan salah satu lokasi shooting film The Sound of Music, adegan anak-anak kapten von Trapp berlarian naik turun tangga di taman di akhir scene lagu Do Re Mi mengambil lokasi di tempat ini. Merinding juga membayangkan kita melihat taman ini secara langsung, sementara selama ini hanya bisa melihat dari film. Yang menakjubkan, rentang waktu 50 tahun antara film tersebut dibuat sampai kunjungan kami kesana, tidak banyak merubah wajah Mirabell Gardens, saat berdiri di depan pagar taman, pemandangan yang saya lihat nyaris sama persis dengan yang saya lihat di film. You’ve got to see it to believe it.

01 mirabell

Destinasi berikutnya adalah Leopoldskron castle. Ini adalah sebuah puri di tepian telaga Leopoldskroner Weiher. Puri dan telaga ini menjadi lokasi pengambilan berbagai scene the Sound of Music, antara lain saat keluarga von Trapp minum lemonade di taman, atau anak-anaknya tercebur di danau saat bermain perahu. Saat film ini dibuat, Gazebo juga berlokasi di Leopoldskron castle ini, namun dengan beberapa alasan, Gazebo tersebut kemudian dipindah ke Hellbrunn Palace. Telaga ini sungguh cantik, damai rasanya duduk-duduk melihat pemandangan di telaga tersebut.

DSC_9066

Tidak jauh dari Leopoldskron castle, ada ladang degan jalan setapak ditengahnya, dengan latar belakang sebuah puri di atas bukit. Tempat ini adalah lokasi pengambilan gambar lagu Do Re Mi, dimana Maria dan anak-anak kapten von Trapp bermain sepeda sambil bernyanyi. Saat saya mendatangi tempat ini, puluhan remaja rombongan wisatawan lewat mengendarai sepeda sambil bernyanyi Do Re Mi.. wuidiih.. merinding dengernya.. langsung inget adegan filmnya.

DSC_9127

Dari sana, kita lanjut ke Hellbrunn Palace, sebuah kompleks istana dengan taman luas, dimana Gazebo The Sound of Music saat ini ditempatkan. Saat kami tiba di Hellbrunn Palace, tempat ini sudah ramai dikunjungi wisatawan, jadi musti antri untuk berfoto di sekitar Gazebo. Gazebo ini digunakan sebagai latar belakang dalam beberapa scene di film the Sound of Music, namun untuk adegan di dalam Gazebo, di shoot di dalam studio di Hollywood. Saat kami mau berfoto disitu, datang serombongan wisatawan, yang ternyata dari Indonesia, rombongan mereka cukup besar, hampir 30 orang. Jadi lama juga nunggu giliran foto di depan Gazebo ini.. 🙂

04 gazebo

Dari Hellbrunn, kita lanjut ke destinasi terakhir dari tour the Sound of Music ini, Mehlweg. Kalo pernah lihat poster film The Sound of Music, keluarga von Trapp sedang piknik dan bernyanyi di sebuah bukit dengan latar belakang pegunungan, di Mehlweg inilah lokasinya. Berbagai scene film The Sound of Music, termasuk sebagian besar lagu Do Re Mi dimana Maria pertama kali megajarkan anak-anak kapten Von Trapp bernyanyi, bertempat di bukit ini. Mehlweg sebetulnya berlokasi di luar Salzburg, tepatnya di wilayah Bavaria, Jerman, namun lokasinya memang berbatasan dengan Salzburg, sehingga dapat dijangkau dalam 30 menit dengan mobil. Dengan mengikuti petunjuk yang di download dari internet, kami meninggalkan Salzburg menuju Mehlweg, desa terdekat dari Mehlweg adalah Marktschellenbeg. Sampai di desa tersebut, patokannya ada jembatan kayu dekat gereja, dan dari sana ada jalan kecil naik keatas bukit. Jalannya hanya muat untuk satu mobil dan tanjakannya curam. Setiap beberapa puluh meter ada cerukan jalan, sehinga kalau berpapasan dengan mobil dari arah berlawanan, bisa memberi jalan.

05 mehlweg

Lokasi persis shooting scenes di Mehlweg ini sekarang merupakan private property, dimana pemiliknya melarang turis untuk masuk ke property nya. Namun dekat situ ada beberapa spot dengan latar belakang yang hampir sama dengan lokasi shooting the Sound of Music. Akhirnya kita berhenti di salah satu tempat yang latar belakang nya mirip, dan berfoto disana. Pemandangannya wow.. Take My Breath Away..!

 DSC_9373

Sebetulnya ada beberapa lagi lokasi shooting The Sound of Music yang berada di seputar Salzburg yang menarik untuk dikunjungi, tapi karena saat saya kesana waktunya hanya 2 hari satu malam, saya hanya memilih 5 lokasi utama saja, dari sekitar 8 lokasi yang di rekomendasikan. Gimana, Brur & Zus udah siap..? yuk berangkat.. 😉

 

Do Re Mi – The Sound of Music

 

Comments

comments