Brur and Zus, kenal dengan film Dr. Strangelove or How I Learned to Stop Worrying and Love the Bomb (1964), 2001: A Space Odyssey (1968), A Clockwork Orange (1971), dan Barry Lindon (1975) karya Stanley Kubrick? Pada tahun 1980, Stanley Kubrick kembali lagi nih dengan karya spektakulernya, The Shining, yang kisahnya diangkat dari sebuah novel karya Stephen King dengan judul sama.

Film horor ini mengisahkan tentang Jack Torrance (yang diperankan oleh Jack Nicholson), seorang penulis dan guru sekolah, yang dipercaya oleh Stuart Ullman, untuk menjaga sebuah hotel mewah bernama The Overlook Hotel selama musim salju.

Jack kemudian mengajak istrinya, Wendy, dan anaknya, Danny, untuk tinggal di Overlook Hotel. Seiring berjalannya waktu, keanehan mulai terjadi di hotel tersebut. Ternyata dibalik segala kemewahan dan kemegahannya, The Overlook Hotel menyimpan banyak misteri di setiap sudut, terutama kamar 237, tempat Danny sering menghabiskan waktu untuk bermain.

Selain melihat penampakan gadis kembar, Danny juga beberapa kali sering mengalami kerasukan. Sementara Jack, yang sedang mengerjakan proyek penulisan novelnya di atrium hotel, juga sering mengalami keanehan yang lebih parah. Jack sering mendengar suara-suara aneh di dalam pikirannya, mengalami mimpi buruk, bahkan menjadi lebih kasar terhadap istri dan anaknya. Jack juga mengalami beberapa kali halusinasi, dari mulai melihat keramaian di bar restoran hotel, hingga melihat penampakan seorang wanita mengerikan. Puncaknya adalah ketika Jack mendengar bisikan yang membuatnya menjadi gila, hingga ingin membunuh keluarganya sendiri.

Karya Stanley Kubrick kali ini memang spektakuler, penonton diajak untuk mengalami ketakutan secara beruntun, dari awal hingga akhir film. Pemilihan karakter Jack Torrance oleh Kubrick yang diperankan oleh Jack Nicholson, juga layak diberikan pujian secara khusus. Nicholson sangat mendalami karakter tersebut, karena mampu menularkan ketakutannya kepada penonton.

Selain itu, film ini juga memberikan inspirasi bagi karya-karya lain, misalnya poster The Shining hingga saat ini menjadi pop icon di mana-mana, dengan gambar tokoh Jack Torrance mengeluarkan kepalanya dari pintu kamar hotel yang didobrak dengan kampaknya. Band metal asal Iowa, Slipknot membuat video klip lagu “Spit it Out” terinsipirasidari film tersebut. Bahkan pada tahun 2012, sekumpulan pengamat film membuat film dokumenter yang menguak habis tentang The Shining, dengan judul Room 237.

Bagi Brur and Zus yang menyukai film horor, film ini wajib ditonton.

Comments

comments