Kalau ngomongin Warkop, anak-anak sekarang pun pasti masih pada ngerti. Tapi, saya yakin cuma Brur & Zus 80-an yang benar-benar inget sama Sersan Prambors.

Sekadar nyegerin memori aja nih, Sersan diawali dari acara radio Prambors Rasisonia yang merupakan tempat anak muda mangkal di era 80 & 90-an. Acara dengan nama yang merupakan singkatan dari “Serius Tapi Santai” yang dikawal oleh Sys NS & Muklis Gumilang tersebut, awalnya dibuat untuk menyaingi “Bahana Jokes” di radio Bahana yang pada masa itu cukup membuat terpingkal-pingkal dengan joke-joke segar yang dilontarkan Krisna Purwana,  Nana Krip dan Pepeng Soebardi. “Sersan Prambors” resmi terbentuk setelah Sys & Muklis berhasi menyeret Krisna, Nana & Pepeng untuk bergabung. Ini kemudian menjadi salah satu acara favorit di radio Prambors.sersan-prambos

Kesuksesan di radio tersebut mengantarkan mereka berlima ke berbagai panggung acara TVRI, serta dua film yang mereka bintangi sebagai peran utama yaitu “Anunya Kamu” (mereka berpasangan dengan aktris Nena Rosier) dan “Sama-sama Enak“.

download (8)IMG-20130717-08876

 

Berbarengan dengan masing-masing film tersebut, mereka merilis album komedi dalam bentuk kaset, berjudul “Anunya Kamu” dan “Enaaak Aja!” Di album pertamanya, selain obrolan becandaan, mereka juga menyelipkan tiga buah lagu: “Anunya Kamu (duet dengan Nena Rosier)” , “Del Takodel Kodel” dengan gaya lucu ala musik India, juga kolaborasi dengan Abadi Soesman Band berjudul “Sersan“. Sementara di album kedua, mereka memberi bonus lagu “Cipila Cipikong” dengan parodi style musik pop Mandarin dan”Gadis Bisu”.

sersan

Sersan Prambors

Bagi yang kangen dengan penampilan Sersan Prambors, redaksi menemukan rekaman mereka di acara tahun baru TVRI tahun 1987. Nonton bareng, yuk.

 

Fun fact about Sersan Prambors:

  • Mereka lebih nyaman dengan sebutan “Kelompok Becanda” daripada “Grup Lawak” atau “Pelawak”
  • Nama asli Sys NS adalah Heru Siswanto. “N.S.” sendiri adalah singkatan dari “Nama Saya” Beliau kini aktif di salah satu partai politik di indonesia
  • Nama Muklis sering dipanjangkan menjadi “Muke Belis” atas gurauan teman-temannya
  • Nama Nana Krip tidak ada hubungan apa-apa dengan peragawati 80-an Nana Krit. Krip adalah kependekan dari “keriput”. Sementara nama aslinya adalah Rahmana. Dasar jail, nama Rahmana pun dipanjangkan oleh teman-temannya sebagai “Rahangnya ke mana-mana”
  • Krisna Purwana sempat memegang acara pagi di radio Prambors, berduet dengan Ida Arimurti, juga di Delta FM. Krisna pintar merubah-rubah karakter suara dan aksen pada saat siaran.
  • Pepeng, namanya diplesetkan sebagai “Pemuda Pengkolan”, pernah nge-hit di acara Telekuis “Jari-jari” di RCTI pada era 90-an. Beliau yang walaupun kini menjalankan hari-harinya di atas kursi roda karena penyakit  Multiple Sclerosis, tetap aktif sebagai penulis, juga sesekali masih menyempatkan diri sebagai bintang tamu di acara komedi di TV.

 

Reuniannya Sersan Prambors di era sekarang, gokil, joke-nya masih tetap seger!

Ditulis oleh: rappy

Comments

comments