Apa yang menjadi tontonan yang dinanti waktu Brur & Zus kecil atau remaja di tahun 1980-an dan 1990-an? Ini ada beberapa serial lokal maupun luar yang bagi penulis cukup berkesan. Bisa jadi di daerah lain berbeda juga loh serialnya.

Waktu itu belum ada banyak pilihan TV berlangganan seperti saat ini. Dan memang pada masa tertentu sempat juga kita menggunakan alat yang biasa disebut “decoder”  apabila berlangganan salah satu TV swasta.

Nah,  bukan bermaksud mengotakkan kalau Penulis hanya mengulas tontonan di Jakarta, tetapi kebetulan memang yang kebanyakan dinikmati pada masa itu, baik acara lokal maupun barat, yang menjadi favorit Penulis,  adalah serial-serial ini, antara lain:

KELUARGA CEMARA ( diputar di RCTI – 19962002):

dari pencarian di google

Pertama adalah Keluarga Cemara karya Arswendo Atmowiloto. Keluarga Cemara diangkat dari cerita bersambung di majalah remaja HAI (sudah dinovelkan juga) yang juga ditulis oleh Arswendo. Ia pula yang menulis sekaligus memproduksi dan bertindak sebagai penasihat produksi sinetron ini. Hasilnya? Ia menuai pujian dari semua kalangan.

Keluarga Cemara menceritakan kisah keluarga Abah dan Emak  beserta ketiga anaknya: Euis, Agis dan Ara. Awalnya mereka adalah orang berada, namun karena suatu hal mereka jatuh miskin. Namun Abah dan Emak selalu menanamkan pentingnya pendidikan kejujuran dalam keluarga. Kalau lihat serial ini bawaannya sedih tapi tetap berasa pesannya hingga sekarang.

SITI NURBAYA (diputar di TVRI – 1991):

Diangkat dari novel karya Marah Rusli, Siti Nurbaya adalah kisah yang berlatar belakang adat Minangkabau. Pada masa itu, serial ini jadi salah satu sinetron yang sangat ditunggu-tunggu termasuk oleh ibu Penulis. Ha ha ha! Penampilan Novia Kolopaking sebagai gadis yang teraniaya sangat memikat. Waktu itu Gusti Randa lagi ganteng-gantengnya. Juga jangan lupa pada HIM Damsyik.  Karena serial ini loh beliau jadi sangat terkenal.

LOSMEN (diputar di TVRI – 1980-an):

losmen

Serial ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari keluarga Broto yang mengelola sebuah  losmen. Diciptakan, ditulis dan disutradarai pasangan Tatiek Maliyati dan Wahyu Sihombing, serial ini dibintangi Mieke Widjaja sebagai Bu Broto, Mang Udel,  Sutopo H.S. sebagai Pak Atmo,  Mathias Muchus,  Ida Leman dan Dewi Yull. Semua nama tersebut dikenal sebagai aktor, aktris dan sutradara yang terkenal dan akting yang berkarakter. Penulis masih ingat betapa ngetop-nya serial ini dulu.

Sedangkan untuk serial baratnya:

FRIENDS (diputar di RCTI – 1995 sampai 2000-an):

friends-20-años-20-years1

Friends bercerita tentang kehidupan enam orang sahabat (Phoebe, Ross, Monica, Chandler, Rachel dan Joey)  yang tinggal di New York. Serial ini menerima review positif sepanjang penayangannya, menjadi salah satu film seri komedi paling populer sepanjang masa. Friends memenangkan berbagai penghargaan dan nyaris selalu dinominasikan.

DAWSON’S CREEK (diputar di TPI – 1998-2000):

dawson's creek

Serial ini menceritakan tentang kehidupan remaja (anak SMA) di sebuah kota kecil bernama Capeside (North Carolina). Ceritanya seputar percintaan, ego, keluarga dan segalanya. Berbeda dengan serial Beverly Hills 90210 yang glamour, serial ini lebih membumi.

21 JUMP STREET ( diputar di RCTI – 1989-1991):

21 jump street

Masih ingat dengan serial televisi 21 Jump Street yang dibintangi Johnny Depp? Dulu, aksi polisi yang terjun ke sekolah itu selalu memukau dalam menuntaskan kasus-kasusnya.

Wah, kalau membicarakan Johnny Depp, Penulis sudah pernah membahasnya di artikel terdahulu. Khusus mengenai doi,  he he he!

MACGYVER (diputar di RCTI – 1989-1992):

macgyver

Brur & Zus sudah pasti tahu serial ini. Film ini diperankan oleh aktor Richard Dean Anderson dan mengisahkan tentang seorang pria bernama MacGyver yang bekerja memerangi kejahatan tanpa menggunakan senjata. Pengetahuan fisika  dan kimia yang luas selalu membantunya dalam merakit suatu alat untuk menaklukkan musuh-musuhnya. Selain itu ia juga sering memakai pisau lipat sebagai alat bantu. Pisau lipat buatan Swiss itu menjadi salah satu ikon loh pada masa itu.

Demikianlah beberapa serial TV yang menurut penulis sangat berkesan selama masa kecil dan remaja. Mungkin Brur & Zus berbeda juga selera dan tontonannya sesuai daerahnya masing-masing.

Saat ini sudah begitu banyak serial dan sinetron. Ada yang bagus, tetapi untuk sinetron lokal saat ini bagi penulis belum ada yang berkesan. Semoga suatu saat ada lagi ya, yang berkesan dan berkarakter seperti yang dulu.

 

Photo dan Sumber : Google dan berbagai sumber

Comments

comments