Yang merasa kutu buku pada era ’80-an, pasti engga lupa dengan nama “Lima Sekawan“. Yup, novel buah karya dari penulis asal Inggris, Enid Blyton yang sangat laris di era ini. Gimana engga, novel seri petualangan yang berjudul asli The Famous Five” ini memang asik dibaca untuk semua umur. Seri ini mungkin saja ditulis untuk pembaca dari usia pra-remaja sampai remaja, tapi gue sendiri udah mulai kenalan dengan seri ini sejak gue berumur 6 tahun, kelas 1 SD. Bokap & nyokap pun ikutan suka baca novel ini, dan kita semua nge-fans berat, sampai ga sabar untuk ngelengkapin semua judul dalam seri ini untuk dikoleksi.

Enid Blyton (1)Boleh aja ngetop di era ’80-an, tapi siapa sangka Enid sudah menerbitkan “Five on a Treasure Island (“Lima Sekawan: Di Pulau Harta“, versi Indonesianya)” pertama kali pada tahun 1942.

Anak-anak di Indonesia bisa menikmati versi terjemahan yang diterbitkan oleh Gramedia dengan bahasa Indonesia yang baik tapi tetap santai, tanpa mengubah keseruan versi aslinya berkat alih bahasa dari Agus Setiadi.

Serunya petualangan Lima Sekawan ini juga didukung dengan ilustrasi yang simple tapi keren hasil coretan Betty Maxey (walaupun di beberapa episode masih menggunakan gambar-gambar dari Eileen Soper, ilustrator sebelumnya) sehingga kita jadi lebih bisa merasakan serunya naik perahu ke Pulau Kirrin, deg-degan waktu mengintai penjahat, sampai bisa ngerasain nikmatnya sandwich dan limun jahe yang engga pernah ketinggalan dibawa oleh Julian bersaudara ini. 🙂

Ilustrasi “The Famous Five” versi Betty Maxey:

c5_famous_five_world_angleterre_3 cC1ax

 

meettimmy

Ilustrasi “The Famous Five” versi Eileen Soper:

Bagi Brur & Zus yang lupa siapa-siapa aja karakter dalam seri ini, oke deh kita ingetin lagi ya:

The Famous Five / Lima Sekawan

Julian

Anak laki-laki sulung dari Kirrin bersaudara ini. Paling tinggi, kuat, pintar dan paling besar rasa tanggung jawab ngejagain adik-adiknya saat mereka pergi berpetualang.

Dick

Lebih muda setahun dari kakaknya, Julian, paling senang bercanda, ngemil dan kadang-kadang senang ngisengin George yang sebaya dengan dia.

George

….alias Georgina dan iya, dia cewek. 🙂 Tomboy dan lebih senang memakai pakaian anak laki-laki, dan memiliki keberanian tak kalah dengan kedua sepupu laki-lakinya yaitu Julian dan Dick, walaupun tetap aja sering ngambek, apalagi kalau diisengin Dick. 🙂

Anne

Adik bungsu dari Julian dan Dick. Paling rajin nyiapin bekal buat kakak-kakaknya sebelum bepergian. Paling manja dan penakut, dan berulang kali bilang kapok untuk ikut-ikutan berpetualang, walaupun lagi-lagi,  ngikut juga. 🙂

Timmy

Anggota paling kuat dan menjadi pelindung sekaligus penjaga yang setia dan bertanggung jawab terhadap keempat anak lainnya. Menurut George, pemiliknya, Timmy adalah anjing terbaik di dunia. Timmy sangat menyukai es krim.

 

Selain tokoh-tokoh di atas, ada juga karakter lain dalam seri ini:

Paman Quentin

Ayah George, kakak dari ayah Julian, Dick dan Anne, seorang scientist terkenal yang sangat menomorsatukan ketenangan di rumahnya agar ia dapat berkonsentrasi dengan semua aktivitas hebatnya.

Walaupun galak banget dan engga suka kalau anak-anak berisik selama berlibur di rumahnya, dia adalah seorang ayah dan paman yang baik dan bangga banget dengan Georgina.

Bibi Fanny

Ibu George, istri dari Paman Quentin. Berbeda dengan suaminya, dia lebih sabar dalam menghadapi anak-anak.

Joan

Pengurus rumah tangga yang sering dibutuhkan bantuannya di rumah, terutama apabila Paman Quentin dan Bibi Fanny sedang bepergian. Dia sangat baik hati sehingga anak-anak senang padanya.

Jo

Alias Josephine dan, iya, cewek dan iya, kadang bersaing dengan George. 🙂 Dia anak dari pemilik sirkus yang beberapa kali muncul dalam episode Lima Sekawan ini. Dia sangat mengagumi Dick.

lima-sekawan

Enid Blyton menerbitkan total 21 episode dalam seri “The Famous Five” ini. Ini judul-judulnya, versi bahasa Inggris dan versi terjemahannya (Bahasa Indonesia).

  • Five on a Treasure Island/Di Pulau Harta  (1942)
  • Five Go Adventuring Again/Beraksi Kembali  (1943)
  • Five Run Away Together/Minggat (1944)
  • Five Go to Smuggler’s Top/Ke Sarang Penyelundup (1945)
  • Five Go Off in a Caravan/Berkelana (1946)
  • Five on Kirrin Island Again/Rahasia di Pulau Kirrin (1947)
  • Five Go Off to Camp/Memburu Kereta Api Hantu (1948)
  • Five Get into Trouble/Nyaris Terjebak  (1949)
  • Five Fall into Adventure/Jo Anak Gelandangan (1950)
  • Five on a Hike Together/Rahasia Harta Karun (1951)
  • Five Have a Wonderful Time/Sarjana Misterius (1952)
  • Five Go Down to the Sea/Dalam Lorong Pencoleng  (1953)
  • Five Go to Mystery Moor/Rawa Rahasia (1954)
  • Five Have Plenty of Fun/Menyamarkan Teman (1955)
  • Five on a Secret Trail/Melacak Jejak Rahasia (1956)
  • Five Go to Billycock Hill/Ke Bukit Billycock (1957)
  • Five Get into a Fix/Rahasia Logam Ajaib (1958)
  • Five on Finniston Farm/Memperjuangkan Harta Finniston (1960)
  • Five Go to Demon’s Rocks/Karang Setan (1961)
  • Five Have a Mystery to Solve/Di Pulau Seram (1962)
  • Five Are Together Again/Sirkus Misterius (1963)

 

koleksi5sekawan2_resizeMencoba melanjutkan kesuksesan ke-21 judul karya Enid Blyton tersebut, seorang penulis asal Perancis, Claude Voilier juga sempat meneruskan menulis seri petulangan Lima Sekawan dalam bahasa Perancis yang juga diterbitkan dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Walaupun diberi ilustrasi menarik bergaya komik, namun tetap tidak bisa menggantikan popularitas versi aslinya.

bermainbersamalimasekawanmenyusurlorongpencoleng_9124Setelah Claude Voilier, sempat juga muncul versi-versi lain oleh penulis lain yang ‘numpang ngetop’ dengan kepopuleran Enid Blyton ini, termasuk buku seri Bermain Bersama Lima Sekawan” yang dilengkapi dengan dadu dan kartu-kartu yang mendukung permainan interaktif ini.

famousfiveSelain versi buku, The Famous Five pun juga diadaptasi sebagai serial TV, yang versi ’80-annya sempat juga ditayangkan lengkap di TVRI pada sore hari. Tokoh-tokoh utama dalam serial ini diperankan oleh (beneran, ini gue engga nyontek/googling, lho 😉 ).

Marcus Harris sebagai Julian, Gary Russell sebagai Dick, Michelle Gallagher sebagai George, Jennifer Thanisch sebagai Anne dan Toddy sebagai Timmy.

Nah, ini link YouTube-nya kalau mau bernostalgia sambil nyanyiin theme song-nya 🙂

Penulis: rappy

Sumber gambar: Google

Comments

comments