“My Girl” adalah film tentang orang-orang muda (atau di sini bisa dikategorikan anak kecil) yang sedang belajar tentang realitas kehidupan, cinta, kepolosan, tragedi dan pertumbuhan.

Vada yang berumur 11 tahun, dimainkan oleh Anna Chlumsky, berhasil menciptakan karakter anak yang cerdas, yang selalu bertanya-tanya penasaran serta mempunyai sedikit karakter suram.

Vada Sultenfuss dianggap aneh oleh anak-anak lainnya. Ia terobsesi dengan kematian. Ibunya sudah meninggal dan ayahnya menjalankan rumah duka . Dia juga cinta kepada guru bahasa Inggrisnya dan bergabung dengan kelas puisi selama musim panas hanya untuk mencari perhatian sang guru.

Vada mempunyai seorang ayah yang keras tetapi penuh kasih, Harry Sultenfuss, diperankan oleh Dan Aykroyd. Dia memuja ayahnya, walaupun hubungan mereka sedikit jauh.

Dan ahli kecantikan baru Shelly DeVoto diperankan oleh Jamie Lee Curtis. Vada cemburu saat ia mulai kehilangan perhatian penuh ayahnya karena jatuh cinta kepada Shelly, tapi masalah itu bisa diselesaikan seiring dengan berjalannya waktu.

Thomas J, sahabat terbaik Vada, diperankan oleh Macaulay Culkin, anak kecil yang memiliki karakter tenang, kadang terlalu serius dan tertutup. Dia selalu bersepeda bersama Vada dan menderita penyakit alergi. Kedekatan mereka membuat Vada mendapat ciuman pertama dari Thomas J. Namun sesuatu yang tragis terjadi, Vada harus belajar untuk menerima luka kehidupan, yaitu dengan meninggalnya Thomas J.

Film ini memperlihatkan “proses kehilangan” Vada. Tidak ada akhir yang diburu-buru atau terlalu emosional, namun justru ada kesimpulan yang menunjukkan bagaimana Vada membuat dirinya berproses dalam meng-handle perasaan kehilangannya itu dengan jujur.

Keindahan dalam film ini adalah keterusterangannya. Ada beberapa adegan yang wajib di dalam sebuah film. Namun ada juga beberapa adegan yang sangat nyata sekaligus menyentuh.

Tidak lupa dengan sentuhan music score dari James Newton Howard dan juga beberapa pengisi soundtrack sepertiThe Temptations, The Rascals, Sly and the Family Stone, Todd Rundgren, The Spiral Staircase dan beberapa musisi lainnya berhasil melengkapi “package” sekaligus menambah soul tersendiri untuk film ini.

“My Girl” adalah film yang memiliki hati di tempat yang tepat dan juga memiliki tempat di hati kita semua.

Comments

comments