Empat belas Februari merupakan tanggal sakral bagi semua pasangan yang akan merayakan momen kasih sayang. Hari Valentine hadir dengan berbagai romansa yang memilukan dari seorang pendeta yang berjuang atas nama cinta sampai akhir hayatnya. Lambat laun ia dikenal sebagai pejuang cinta sejati dan lewat namanya hari kasih sayang ini dikenal oleh seluruh masyarakat di dunia. St. Valentine hidup dan memberi napas pada arti cinta yang sesungguhnya.

Masih ingat pepatah lama yang mengatakan bahwa cara efektif merebut hati suami adalah melalui makanan? Pepatah itu ternyata bukan sekadar basa-basi. Melibatkan makanan dalam ritual bercinta tak hanya ampuh untuk meningkatkan stamina, tapi juga mampu mengantar Anda dan pasangan mencapai ‘surga’!

Makanan merupakan bagian dari unsur kosmik yang mampu membuka klep-klep seluruh indra kita agar dapat ikut menikmati gelombang gairah saat bercinta. Aroma, bentuk dan cita rasa makanan tak hanya ampuh untuk meningkatkan libido, tapi juga dapat membantu memancing sisi liar dalam diri Anda.

Afrodisiak adalah zat yang berfungsi meningkatkan libido atau gairah bercinta. Sejatinya, istilah ini berkaitan dengan Aphrodite yang dalam mitologi Yunani adalah dewi kecantikan dan cinta. Afrodisiak terbagi dalam dua kelompok, yakni faktor psikofisiologikal dan faktor internal yang terdiri dari makanan, minuman beralkohol, obat-obatan dan perawatan kesehatan. Nah, dari segi internal ada beberapa makanan yang dipercaya dapat meningkatkan libido, antara lain: kerang, cokelat, asparagus, seledri, pisang, wortel, avokad, almond dan cabai merah.

Kalau diperhatikan, bentuk-bentuk makanan yang dipercaya memiliki khasiat afrodisiak (meningkatkan gairah seksual) memang menyerupai bagian dari genitalia pria dan wanita. Misalnya asparagus, pisang atau wortel yang bentuknya mengingatkan kita pada bentuk lingga (penis). Sedangkan tiram (oyster) akan mengingatkan kita pada bentuk vagina. Jika melihat bentuknya saja sudah langsung ‘tune in’, apalagi mengecap keeksotisan rasanya bersama pasangan. Dijamin, acara bercinta pun jadi lebih nikmat.

Mengapa saya pilih kerang? Padahal tidak semua orang suka kerang, karena kerang memang bukanlah makanan yang menggiurkan ketika dilihat. Bahkan ada sebagian orang yang merasa kurang suka ketika melihatnya, apalagi memakannya. Namun bagi sebagian orang yang lain, kerang adalah menu favorit yang selalu diidam-idamkan.

Inilah manfaat kerang:

1. Memperbaiki kualitas sperma

Kerang yang mempunyai manfaat seperti di atas biasanya terdapat pada kerang darah. Dalam bahasa ilmiah kerang ini dikenal dengan nama Anadara granosa. Menurut ahli andrologi dari Universitas Hasanuddin, Dr. Eddyman W. Ferrial, kerang jenis ini telah terbukti mampu meningkatkan kualitas sperma seorang laki-laki berdasarkan penelitian dan kajian yang telah dibuktikan keabsahannya.

2. Meningkatkan gairah seksual

Hormon dopamin yang terkandung dalam kerang dapat meningkatkan gairah seksual seseorang.

3. Mencegah penyakit

Makanan yang satu ini juga dapat mencegah beberapa jenis penyakit, di antaranya yaitu: rematik,  menurunkan aktivitas sel kanker, menurunkan kolesterol darah, kadar trigliserida serta  mencegah risiko terkena penyakit jantung.

4. Mengandung gizi yang tinggi

Di antara manfaat kerang lainnya adalah bahwa kerang mengandung banyak zat yang sangat penting bagi tubuh, yaitu: vitamin B6, B12, vitamin D, niacin dan omega 3. Kerang juga mengandung zat gizi mineral seperti yodium (I), zat besi (Fe), seng (Zn), kalsium (Ca), fosfor (P), kalium (K), selenium (Se), fluor (F) dan lain–lain.

Resep Kerang Saus Tiram

Porsi untuk 2 orang, Waktu 20 menit.

Bahan-bahan:

kerang hijau 500 gram
bawang bombay 1 buah
bawang putih 2 siung
jahe 2 cm
daun bawang 1 batang
saus tiram 2 sendok makan
saus tomat 1 ml
garam 1 sendok teh
gula pasir 1 sendok teh
merica (lada) bubuk 1 sendok teh
minyak goreng secukupnya
air 250 ml
tepung maizena 1 sendok teh

Cara membuat:

Rebus kerang dalam air hingga mendidih dan kerang terbuka. Tiriskan, siram dengan air dingin, tiriskan lagi. Lepas salah satu cangkang kerang.

Tumis bawang putih, bawang bombay dan jahe hingga harum. Masukkan air dan bumbu lainnya. Aduk hingga rata. Masukkan kerang. Masak hingga meresap. Angkat dan sajikan. 🙂

 

Sumber tulisan dan foto:

https://dapurmasak.com , http://islamiccenterr.blogspot.ae

Comments

comments