Brur & Zus masih inget dong, di tahun 90an jaman-jamannya TV swasta masih banyak menayangkan video klip untuk mengisi  waktu kosong diantara programnya, kita banyak dapat suguhan video klip keren dari artis-artis barat dan juga artis Asia. Tidak hanya lagu barat, beberapa lagu Asia yang banyak di putar di TV swasta dan radio juga sempat hits di Indonesia pada era 90an, antara lain Denpasar Moon nya Maribeth, Beautiful Girl nya Jose Mari Chan, Made in Thailand dari Carabao, Made in India nya Alisha dan juga Calcutta yang dinyanyikan Dr. Bombay.

Kali ini saya mau bahas lagu dan video klip Calcutta nya Dr. Bombay yang menurut saya lagunya kocak tapi tetap enak di dengar, video klip nya pun lucu dan heboh. Boleh dibilang, Dr. Bombay ini termasuk kategori penyanyi one hit wonder, punya satu lagu yang jadi hits besar, tapi setelah itu bak menghilang di telan bumi. Karya-karyanya tidak lagi pernah terdengar jadi hits.

Calcutta

Lagu Calcutta yang berirama eurodance ini mudah disenandungkan karena melodi dan liriknya yang simpel, sekali denger langsung nyantol. Video klipnya menceritakan seorang pemuda India dengan pakaian tradisionalnya, menjadi supir taxi berkeliling kota Calcutta. Dr. Bombay bernyanyi sambil mengemudi taksi dengan segala kekonyolan dan kehebohannya . Mulai dari nabrak orang, onderdil pada copot dijalan, mogok, empat penumpang orangnya dia semua, nyolong makanan dan koran 😀

Dr._Bombay_-_Rice_&_Curry

Lagu yang diambil dari album Rice & Curry ini dirilis tahun 1998, dan sukses menempati peringkat 1 di chart lagu Sverigetopplistan, juga berhasil nangkring di peringkat 2 chart lagu VG-lista. Mungkin Brur & Zus ada yang bertanya, itu chart lagu di India ya..? Bukan say, Sverigetopplistan adalah peringkat lagu di Swedia, sedangkan VG-lista adalah peringkat lagu di Norway. Wah.. hebat ya, lagu India bisa sukses di negara-negara Eropa. Ternyata enggak juga, karena Dr. Bombay ini memang orang asli Swedia, dengan nama asli Jonny Jakobsen. Selain memuncaki charts di Swedia dan Norway, lagu Calcutta juga menembus top 40 charts di Swiss, Jerman dan Austria.

Lokasi shooting video klip nya ternyata juga bukan di Calcutta dan bukan di kota lain di India, tapi di sekitar Batu Caves dan Selayang, Malaysia. Konon saat Dr. Bombay mau shooting video klipnya di Calcutta, dia tidak mendapat izin dari pemerintah India, karena stereotyping tentang orang India yang tersirat di lagu itu dianggap merendahkan orang India. Akhirnya Dr. Bombay cari lokasi yang banyak orang India nya, dan terpilih lah Malaysia untuk lokasi video klip. Kalo gitu, mungkin lagu ini perlu dibuat alternatif  liriknya.. I’m a Swede driving in Malaysia.. 😛

Simak lirik dan video klipnya yuks.. 😉

Calcutta (Taxi, Taxi, Taxi) – Dr. Bombay (1998)

Calle Calle cutta cutta cutta, Calle Calle Cutta, Eh Oh

One day when I got hungry, I sold the wooden house
I had to visit Uncle Ghandi, Who lives in Calcutta town
Uncle Ghandi he is rich, He is a taxi driver man
And I know that he will help me, As much as he can

A taxi driver man is what I want to be
But there are no customers Who want to ride with me
I don’t know why Could be that I am almost blind
But every street in Calcutta I can find

Calcutta
I am a taxi driver in Calcutta
I drive my little taxi in Calcutta
Taxi, taxi, taxi, in Calcutta
I am a taxi driver man

I like to drive the taxi, I like it very much
Even though I have no licence, I always find the clutch
I can drive it off my head, I can drive it off my feet
And I have no problems, Getting taxi on the street

 

 

Comments

comments