Banyak musisi Indonesia yang pernah mencoba Go International, di tahun 70an Achmad Albar pernah bergabung dengan band Clover Leaf dan merilis beberapa singel di Belanda, band rock SAS mencoba menembus Australia dengan lagu Baby Rock nya. Tahun 80an Vina Panduwinata dan January Christy pernah mencoba peruntungan dengan merilis rekaman di Jerman. Lalu tahun 90an di motori oleh Anggun yang cukup sukses di Perancis, sementara di tahun 2000an, upaya Agnez Mo untuk menembus pasar musik Amerika belum banyak di apresiasi oleh industri musik di sana. Upaya musisi-musisi Indonesia sejauh ini belum mampu berbicara banyak di tangga lagu internasional.

Namun demikian sejarah mencatat, ternyata ada satu anak Jakarta yang pernah sangat sukses berkiprah di berbagai tangga lagu dunia di awal tahun 80an. Singel anak Jakarta ini sukses menduduki peringkat 1 di tangga lagu Kanada, Swedia, Austria, New Zealand dan Cashbox di Amerika. Di chart singel Billboard, lagunya mentok di peringkat 4, sementara di charts lagu di Norwegia, Australia dan Afrika Selatan berhasil masuk top 5.

Penasaran ya, siapa anak Jakarta ini..? Buat Brur & Zus yang di tahun 83 rajin nonton video kompilasi lagu-lagu hits, mungkin masih ingat sosok pemuda ganteng yang bernyanyi dengan irama swing-waltz, kemudian tap dance di tengah lagu. Yup, dialah Taco, yang sempat merajai tangga lagu dunia dengan singelnya Puttin’ On The Ritz di tahun 1983. Di Amerika, singel ini terjual lebih dari 1 juta kopi dan mendapatkan sertifikasi gold single.

Taco 02

Lho, dia kan bule..? Iya memang bule, saya kan bilangnya Anak Jakarta, nggak bilang orang Indonesia.. hehehe.. Taco Ockerse nama lengkapnya, memang lahir di Jakarta pada tanggal 21 Juli 1955, kalau nggak percaya, coba cek deh di catatan sipil. 😀 Kalau lihat wajah dan warna kulitnya, kelihatannya sih dia ada keturunan Indonesia nya, tapi sayang tidak ada informasi yang mengkonfirmasi hal ini, satu-satunya tautan yang menyebutkan Taco ada keturunan Indonesia adalah laman di Wikipedia yang memuat daftar orang terkenal dari Belanda keturunan Indonesia (Dutch Indo) http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Dutch_Indos

Taco 01

Taco menghabiskan masa kecil dan remajanya di beberapa negara, Indonesia, Singapura, Amerika, Luksemburg, Belgia dan Jerman. Saat tinggal di Jerman inilah Taco meniti karir di dunia tarik suara. Tahun 1981, dia teken kontrak dengan Polydor Jerman untuk dua album. Album perdananya berjudul After Eight dirilis pada tahun 1982, awalnya hanya beredar di Jerman, sampai kemudian Polydor Amerika merilis albumnya di pasar Amerika pada tahun 1983. Bersamaan dengan meningkatnya popularitas MTV, video klip Taco mulai sering di putar di kanal khusus musik ini, dan meledaklah singel Puttin’ On The Ritz di charts Amerika dan menular ke berbagai charts di negara lain.

Taco 03

Namun sayang, keberhasilan singel ini tidak diikuti singel dan album selanjutnya. Meskipun setelah album After Eight Taco masih merilis beberapa album dan singel, tidak satupun yang berhasil masuk dalam top 40 charts. Mungkin merasa peruntungannya tidak lagi di dunia musik, Taco kemudian banting setir menjalani karir sebagai aktor. Dia cukup sukses sebagai aktor, banyak membintangi film dan sinetron di televisi Jerman.  Saat ini Taco tinggal di Jerman dan banyak menyanyi untuk acara-acara gala dinner ataupun acara korporasi. Adakah promotor Indonesia yang mau bawa Taco pulang kampung ke Jakarta..? 😀

Yuk tonton videonya dan karaoke bareng.. 😛

Taco – Puttin’ On The Ritz  (From the album After Eight – 1982)

If you’re blue and you don’t know where to go to
why don’t you go where fashion sits,
Puttin’ on the ritz.

Different types who wear a day coat, pants with stripes
and cutaway coat, perfect fits,
Puttin’ on the ritz.

Dressed up like a million dollar trouper
Trying hard to look like Gary Cooper (super duper)

Come let’s mix where Rockefellers walk with sticks
or “umberellas” in their mitts,
Puttin’ on the ritz.

Have you seen the well-to-do up and down Park Avenue
On that famous thoroughfare with their noses in the air
High hats and Arrow collars white spats and lots of dollars
Spending every dime for a wonderful time

If you’re blue and you don’t know where to go to
why don’t you go where fashion sits,
Puttin’ on the ritz.
Puttin’ on the ritz.
Puttin’ on the ritz.

Comments

comments