Pagi tadi tiba-tiba gue ditodong sama Nicko Krisna, “Gue mau 10 lagu disco terbaik versi lo dong.” Gue senyum sambil nanya balik, “Waduh, lagu disco? 10?”. Terus Nicko bilang lagi, “Ya lagu-lagu yang paling sering lo mainin lah.” Gue berpikir sejenak, kemudian bilang “Oke.”

Hmm mengingat lagu disco itu banyak mampus, dan gue lumayan blo’on soal mengkotakkan lagu dalam genre, plus cuma 10 lagu pula (ini yang tersulit), akhirnya gue memutuskan untuk bikin list lagu-lagu yang paling sering gue mainin di gigs. Well, seperti yang gue bilang tadi, gue lumayan blo’on soal genre, jadi maafkan jikalau ternyata ada lagu yang sebenarnya bukan masuk ke genre disco. Jadi untuk lebih ‘aman’-nya gue bilang, berikut adalah 10 lagu era 80an-90an terbaik versi gue yang bisa ‘ngelitikin’ lo untuk ‘turun’ ke lantai dansa.

1. Silent Morning

Salah satu lagu yang selalu sukses buat bawa memori gue balik ke jaman gue mulai adiktif beli kaset di toko langganan gue di bilangan Kelapa Gading dan jalan Sabang.

2. All That She Wants

Selalu membahana di club-club era awal 90an. Dari jaman masih ABG sampe sekarang, lagu ini sukses bikin gue, minimal, goyang bahu atau angguk-angguk kepala. Dan ya, lagu ini hampir selalu masuk di set list gue.

3. Gucci You’re Through

Bersama dengan lagu “We Want Some Pussy”-nya 2 Live Crew, lagu Pretty Girls ini ngajak gue balik ke masa keemasan disco skate.

4. Sending All My Love

Jikalau gue sebut nama Linear mungkin sebagian brur & zus ga ‘ngeh’. Tapi kalo gue puter lagu ini dan bilang ini adalah lagu mereka, baru lah brur & zus akan bilang “Oooooo…”

5. How Gee

Di awal 90-an lagu ini lumayan laris jadi lagu pengiring banyak grup modern dance sekolah.

6. The Power

Sampe sekarang plesetan lirik di bagian chorus-nya sukses nempel di kepala, “Agak ke bawah!”

7. Zoolook

Salah satu breakdance anthem sepanjang masa. Tapi kadang yang kebayang malah Rico Tampatty. Huft.

8. Girl You Know It’s True

Lagu dari “duo penipu” ini menurut gue adalah salah satu yang terbaik di jamannya. Lagu guilty pleasure yang sangat ciamik.

9. Take On Me

Sangat sulit untuk ga masukin lagu ini ke set list gue. Walaupun “You Are The One” ga kalah keren, tapi “Take On Me” lebih epic.

10. Jump Around

Iya ini bukan lagu disco, tapi gue keukeuh masukin ke list dengan pertimbangan bahwa tak bisa dipungkiri, lagu yang tahun ini genap berusia 23 tahun, merupakan salah satu lagu yang hingga detik ini mampu ‘menghancurkan’ lantai dansa hingga berkeping-keping.

Comments

comments